Sekilas tentang PPPTAL

August 13, 2008 at 6:21 am 1 comment

Diawali dengan ketertarikan dan pemahaman atas konsep pertanian terpadu dan ramah lingkungan, atau lebih dikenal dengan pertanian organik yang memiliki banyak manfaat dan kegunaan baik bagi dunia pertanian maupun sisi kehidupan masa mendatang, oleh Purbo Winarno mengapresiasikan pemikirannya dengan mendirikan sebuah diklat pertanian yang diberi nama  Pusat Pelatihan Pertanian Terpadu dan Akrab Lingkungan atau disingkat dengan PPPTAL, yang didirikannya pada 24 Desember 1998, berlokasi di Jl. Raya Dieng Km 11, Desa Kuripan, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Propinsi Jawa Tengah.

Bahwa praktek pertanian yang menggunaan pupuk dan pestisida kimia sintetik termasuk herbisida, fungisida secara intesif dan terus menerus ternyata berdampak negatip kepada menurunnya kualitas tanah pertanian dan lingkungan. Indonesia adalah termasuk salah satu negara yang masih bergantung kepada pola pertanian yang tidak ramah lingkungan sehingga terjadi penurunan pada produktivitas dan kesuburan tanah pertaniannya. Hal ini terbukti dari hasil riset yang dilakukan oleh Balai Penelitian Tanah bahwa tanah pertanian di Indonesia khususnya di pulau Jawa kandungan C organiknya di bawah 1%, yang berarti tanah pertanian tersebut tidak lagi subur. Oleh karena itu sudah saatnya Indonesia menerapkan praktek pertanian yang lebih ramah lingkungan atau lebih dikenal dengan praktek pertanian organik.

Praktek pertanian organik memiliki manfaat yang sangat luas, yaitu selain meningkatkan kesuburan lahan dan produktivitas hasil juga lebih ramah lingkungan serta menghasilkan produk yang lebih sehat dan aman, yang pada akhirnya kepada kesejahteraan petani dan kesehatan masyarakat luas.

Usaha untuk merubah praktek pertanian yang tidak ramah lingkungan tersebut diperlukan suatu lembaga pelatihan yang dapat mendidik dan melatih khususnya kepada para pelaku di bidang pertanian menuju sistim pertanian organik secara lebih universal, juga untuk menarik minat kepada masyarakat akan keberpihakan kepada sistim pertanian organik.  Untuk itu,  sejak tahun 1998 hingga sekarang PPPTAL terus menerus meningkatkan mutu pelatihannya baik dari segi penyajian materi yang berbasis kepada teknologi dan kearifan lokal Indonesia, tenaga pengajar yang profesional dan ahli di bidangnya dan pelayanan terbaik untuk menjadikan PPPTAL sebagai pusat pelatihan pertanian organik yang terbaik di Indonesia.

Entry filed under: Sekilas ttg PPTAL. Tags: .

Pelatihan Pertanian Organik 23 – 25 Juni 2011 & 28 – 30 Juli 2011

1 Comment Add your own

  • 1. hana  |  September 1, 2008 at 12:25 am

    apakah kami bisa memperoleh sedikit uraian tentang materi materi yang diberikan dalam diklat pertanian organik oleh ppptal ?
    kami tunggu jawabannnya.
    terimakasih

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


August 2008
M T W T F S S
     
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Blog Stats

  • 8,373 hits

%d bloggers like this: